Fungsi-fungsi MSDM



Fungsi-fungsi MSDM

fungsi-fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia secara singkat adalah sebagai berikut :
  1. Perencanaan
    Perencanaan (human resources planning) adalah merencanakan tenaga kerja agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan efektif serta efisien dalam membantu mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.
  2. PengorganisasianPengorganisasian\Organize adalah kegiatan merancang susunan dari berbagai hubungan antara jabatan, personalia, dan faktor-faktor fisik.
  3. Pengarahan
    Pengarahan (directing) adalah kegiatan mengarahkan semua karyawan, agar mau bekerja sama dan efektif serta efisien dalam membantu tercapainya tujuan perusahaan, karyawan, dan mayarakat.
  4. Pengendalian
    Pengendalian (controlling) adalah kegiatan mengendalikan semua karyawan agar menaati peraturan-peraturan perusahaan dan bekerja sesuai dengan rencana.
  5. Pengadaan
    Pengadaan (procurement) adalah proses penarikan, seleksi, penempatan, orientasi dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  6. Pengembangan
    Pengembangan (development) adalah proses peningkatan ketrampilan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelatihan.
  7. Kompensasi
    Kompensasi (compensation) adalah pemberian balas jasa langsung (direct)  dan tidak langsung (undirect).
  8. Pengintergrasian
    Pengintergrasian (integration)  adalah kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, agar tercipta kerja sama yang serasi dan saling menguntungkan.
  9. Pemeliharaan
    Pemeiharaan (maintenance) adalah kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan, agar mereka tetap mau bekerja sama sampai pensiun.
  10. Kedisiplinan
    Kedisiplinan merupakan fungi MSDM yang terpenting dan kunci terwujudnya tujuan, karena tanpa disiplin yang baik sulit terwujudnya tujuan yang maksimal.
  11. Pemberhentian
    Pemberhentian (saparation) adalah putusnya hubungan kerja seeorang dari suatu perusahaan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Fungsi-fungsi MSDM"